Cara Memandikan Kucing Yang Baik & Benar

Cara Memandikan Kucing – Naluri alamiah dalam diri seekor kucing bisa dibilang cukup kritis, termasuk perihal kebersihan. Kamu mungkin kerap mendapati kucing peliharaan yang sedang membersihkan tubuhnya dengan menjilat-jilatinya. Sekalipun kucing mampu membersihkan dirinya sendiri, namun kamu sebagai pemiliknya tetap harus memandikannya secara rutin supaya si kucing senantiasa bersih dan sehat. Kelak selepas mandi dengan cara yang benar, bahkan si kucing bisa saja terliha bak seekor model kucing.

Memandikan kucing bisa jadi momen menyenangkan bersama pemiliknya. Maka, Kamu perlu memerhatikan kapan si kucing merasa relaks. Misalnya setelah makan. Hal ini bertujuan membuat si kucing merasa senang sekaligus mengingat bahwa mandi bukanlah sebuah momok. Dengan begitu Kamu pun tidak kesal karena si kucing mandi dengan anteng dan senang. Jadi, ketika Kamy maupun si kucing sedang tidak mood, maka jangan pernah sekali-kali memandikan kucing karena justru hanya buat masalah atau bahkan menyebabkan kucing Kamu trauma.

cara memandikan kucing yang baik dan benar

Saat pertama kali memandikan kucing, cukup lakukan selama 5-10 menit. Kemudian untuk sesi selanjutnya, Kamu bisa menambahkan waktu secara perlahan-lahan. Ingat paling penting memandikan kucing ketika tenang dan harus disertai kesabaran. Jika tidak ada kedua hal tersebut, persingkat waktu mandi dan silahkan memandikannya lebih lama saat sesi selanjutnya.

Kebanyakan kucing tidak senang mandi. Maka, Kamu mungkin butuh bantuan orang lain untuk memegang si kucing. Setiap kali memandikan kucing, Kamu harus terbiasa membersihkan setiap bagian tubuh kucing secara detail, termasuk ekor, telinga, punggung, pinggang, dan juga kaki. Nah, berikut ini cara-cara memandikan kucing dengan benar :

Baca juga : Cara Merawat Kucing Kampung Supaya Sehat & Gemuk

Tips Memandikan Si Kucing

Menyikat

Sebelum mandi, Kamu bisa menyikat kucing lebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sikat atau sisir khusus untuk membersihkan bulu-bulu kucing dari kotoran. Selepas itu, Kamy dapat mengoleskan pelebap supaya kulit dan bulunya senantiasa sehat dan indah. Jangan lupa pilih pelembap yang bebas dari iritasi.

Jika bulu kucing pendek, Kamu cukup melakukan ini sekali seminggu. Namun, ketika kucing Kamu memiliki bulu yang panjang, maka sebaiknya melakukan hal ini setiap hari. Kamu harus menyikat kucing secara pelan-pelan supaya tidak merusak bulu-bulunya.

Mandi

Kamu harus menggunakan shampo khusus kucing yang bahannya ringan dan aman. Langkah-langkah memandikannya yaitu :

  1. Jika Kamu punya, baiknya lebih dulu meletakkan matras karet di wastafel atau bath tub supaya kaki kucing aman dan tidak terluka.
  2. Penuhi bak mandi kucing baik di wastafel atau bath tub Kamu sampai lebih kurang 1/2 volume penuhnya. Kemudian, masukkan kucing ke dalamnya.
  3. Pertama, basahi kucing dengan menyipratkan air. Kamu bisa gunakan spray, atau teko plastik yang besar. Kamu harus hati-hati saat menyemprotkan air. Jangan sampai Kamu nelakukannya hingga secara langsung mengenai telinga, mata, dan hidung.
  4. Aplikasikan shampo dari ujung kepala sampai ekor sambil melakukan massage atau pijatan pada badan kucing.
  5. Kemudian, bilas secara pelan-pelan dengan menyemprotkan air. Caranya harus serupa dengan bahasan pada poin ketiga.
  6. Terakhir, keringkan badan kucing dengan menggunakan handuk besar. Jika tersedia, Anda bisa membantu pengeringan supaya lebih cepat dengan menggunakan hair dryer.

Tips Memandikan Kucing Yang Galak

Sebelum memandikan kucing yang galak, Kamu wajib lebih dulu memotong kukunya supaya sekalipun kucing berusaha mencakar sebagai bentuk perlawana, Kamu tidak terluka. Kamu juga harus mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti shampo, sikat, sisir, handuk, dan sebagainya. Selain itu,  mandikan kucing yang galak dengan air yang tidak terlalu panas ataupun dingin. Mandikanlah dengan air hangat suam-suam kuku. Dengan begitu, kucing tidak kaget dan berlari untuk menghindar.

Baca juga : Cara menghilangkan kutu kucing yang aman

Kalau pun si kucing terus memberontak, Kamu bisa mengikatnya tapi jangan terlalu kuat hingga menyakiti. Beberapa dokter hewan pun menyarankan untuk memberi obat bius lebih dulu pada kucing sebelum dimandikan, karena mandi adalah menjaga kebersihan. Jadi tak ada salahnya membius kucing dengan dosis minimal. Kalau Kamu juga berniat menerapkannya, Kamu harus berkonsultasi dengan dokter lebih dulu agar pemberian bius ini sesuai aturan pakai.

Tips Memandikan Kucing Kampung

Untuk memandikan kucing kampung, Kamu tidak perlu shampo khusus kucing layaknya memandingkan kucing ras. Gunakan sabun bayi saja sudah cukup. Kamu sebaiknya memandikan kucing ketika sore hari dan jangan pada siang hari. Perbedaan suhu ruangan dengan suhu air akan membuat kucing kaget dan semakin takut dengan air. Hal itu bahkan bisa menyebabkan kucing kampung trauma hingga enggan mandi lagi di lain waktu.

Cara memandikannya pun serupa dengan perlakuan pada kucing lainnya. Membasahi kucing lebih dahulu, lalu usapkan sabun seraya menggosok-gosok seluruh badan hingga berbusa. Terakhir bilas kucing hingga bersih.

Jangan lupa juga bersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Kucing lain sebenarnya juga wajib dibersihkan telinganya, namun perhatian lebih ditujukan pada kucing kampung yang cenderung lebih aktif bergerak dan bermain kesana kemari.

Tips Memandikan Anak Kucing  

Jika anak kucing yang Kamu miliki masih terlalu kecil dan bahkan masih suka memejamkan matanya alias merem, maka sebaiknya Kamu tidak memandikannya terlalu dini. Hal ini dikarenakan sistem imunitas yang dimiliki anak kucing terlalu kecil masih belum sempurna.

Para dokter hewan berpendapat kucing kecil boleh dimandikan ketika berusia 2-3 bulan. Bahkan, sebagian kelompok kucing baru boleh mandi tatkala berusia 3 bulan ke atas.

Kebanyakan anak kucing akan meronta ketika dimandikan. Apalagi ketika waktu mandi yang pertama kali. Maka, mandikanlah anak kucing ketika habis bermain atau makan. Pokoknya ketika kucing senang dan rileks. Jangan lupa juga persiapkan semua alat dan bahan dengan lengkap lebih dulu, baru memandikan anak kucing agar Kamu tidak kerepotan.

Waktu memandikan anak kucing yang terbaik adalah pada pukul 11.00 pagi atau pukul 16.00 alias jam 4 sore. Mengapa begitu ? Tentunya karena pada waktu-waktu tersebut temperatur ruangan tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Pokoknya jangan pernah memandikan anak kucing ketika terlalu pagi maupun terlalu sore.

Usai sudah bahasan kali ini mengenai cara memandikan kucing dengan benar sekaligus beberapa informasi tambahan mengenai tips-tips khusus kucing tertentu. Semoga bermanfaat.