Cara Merawat Kucing Kampung Supaya Sehat Dan Gemuk

Cara Merawat Kucing Kampung – Apakah Kamu pernah mengetahui bahwa kucing kampung sekalipun juga termasuk ke dalam klasifikasi kucing secara ilmiah ? Kucing kampung kerap disepelekan oleh banyak orang. Padahal dunia biologi juga memasukkan kucing kampung ke dalam klasifikasi kucing. Jenis kucing memiliki nama ilmiah Felis domestica.

Sekalipun ada orang-orang tertentu yang menyepelekan kucing kampung, namun ada juga orang lainnya yang menyenangi kucing ini. Bahkan, tak jarang mereka memelihara kucing kampung, merawatnya dengan bersih sekaligus memberinya makan hingga gemuk.

cara merawat kucing kampung

Berawal dari kegemaran dan rasa senang terhadap kucing kampung, sebenarnya kucing ini jika dipelihara dengan baik bisa dibuat menjadi menarik. Selain itu, prilaku kucing kampung juga menarik dan baik, sehingga tak heran jenis kucing ini menjadi hewan peliharaan dan kesayangan bagi banyak orang. Kucing kampung mampu beradaptasi cukup baik, sehingga dapat mempertahankan diri di lingkungannya. Selain itu alasan lain memilih kucing kampung sebagai hewan kesayangan adalah biaya pemeliharaan yang cukup murah.

Baca juga : Mengenal Kucing Persia Himalaya

Kucing kampung termasuk ke dalam ordo karnivora alias hewan pemakan daging. Populasi kucing kampung sangat banyak dijumpai dimana pun di Indonesia. Pada tahun 1993, Fowler menentukan klasifikasi kucing kampung (Felis domestica) sebagai berikut :

  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Chordata
  • Subphylum : Vertebrata
  • Kelas : Mamalia
  • Ordo : Carnivora
  • Subordo : Conoidea
  • Famili : Felidae
  • Subfamily : Felinae
  • Genus : Felis
  • Spesies : Felis domestica

Dengan mudahnya kucing kampung ditemukan, maka tak heran sudah menjadi sebuah tradisi dewasa ini untuk memelihara kucing kampung. Alasan paling utama mengapa banyak orang memelihara kucing kampung biasanya dikarenakan harganya murah. Terkadang kita pun tak perlu mengeluarkan sepeser rupiah alias gratis. Selain ekonomis, imut dan manisnya kucing kampung tidak kalah jika dibadingkan dengan beragam kucing ras.

Baca juga : Mengenal Kucing Bengal

Kelebihan memelihara Kucing Kampung

Kelebihan yang dimiliki oleh kucing kampung sebenarnya tidak habis sampai disitu, melainkan kucing kampung juga diketahui memiliki nilai plus lainnya, seperti :

  1. Tidak butuh banyak uang untuk merawatnya,
  2. Tidak perlu repot mengurungnya,
  3. Tak usah mengajaknya berjalan-jalan keluar rumah maupun mengajaknya bermain bersama kita terlalu sering,
  4. Memiliki imunitas lebih kuat sehingga lebih kebal terhadap berbagai penyakit infeksius,
  5. Memakan apa saja sehingga tak perlu pangan khusus,
  6. Tidak butuh kotak khusus sebagai tempat kucing membuang kotorannya (litter box), dan
  7. Kemungkinannya sangat kecil untuk dicuri oleh orang.

Tadi telah dibilang bahwasanya kucing kampung lebih kebal terhafap berbagai bentuk penyakit infeksius. Fakta tersebut dikarenakan kucing kampung harus berusaha extra sehingga mampu bertahan hidup dan bahkan bisa lebih kuat dibandingkan jenis kucing lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan kucing ras tertentu yang cenderung lebih manja dan butuh kasih sayang lebih dari pemiliknya.

Apalagi memang faktanya nenek moyang si kucing kampung berasal dari hutan sehingga mampu beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi lingkungan. Oleh karena itu, kucing kampung memiliki imunitas yang lebih baik. Maka, tak heran mengapa pada umumnya kucing kampung tidak perlu mendapatkan vaksin untuk mencegah penyakit tertentu.

Kucing ras biasanya memikiki kemungkinan yang besar untuk menderita berbagai jenis penyakit, seperti :

  1. Leukemia,
  2. FIV, dan
  3. Gagal ginjal (Renal failure).

Namun, kucing kampung jauh berbeda dengan kucing ras yang mana si kucing kampung jarang sekali dijumpai menderita penyakit aneh-aneh seperti yang telah disebutkan.

Baca juga : Macam-macam penyakit Kucing dan penyebabnya

Tips memelihara Kucing Kampung

Jika kemudian Kamu tertarik untuk memelihara kucing kampung, Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai bagaimana cara merawat kucing kampung. Oleh karena itu, berikut ini kami beberkan berbagai tips untuk memelihara kucing kampung dengan baik supaya si kucing bisa sehat sekaligus gemuk :

Teliti dalam memberi makanan dan minuman

Kucing kampung memang lebih kebal dan kuat serta bisa memakan segala jenis makanan, namun tak ada salahnya supaya si kucing bisa selalu sehat bahkan gemuk, kita memerhatikan makanan apa saja yang kita berikan pada si kucing.

Memerhatikan makanan kucing kampung bukan berarti memberikannya makanan mahal yang dibeli di pet shop alias toko hewan peliharaan. Kucing kampung memang diciptakan dengan perut yang tidak cocok bila diisi dengan makanan yang mengandung pengawet dan pewarna buatan.

Baca juga : Harga Makanan Kucing Sesuai Merek & Ukuran

Caranya yaitu dengan memberi makanan yang bersih dan usahakan bergizi sehingga nembuat kucing lebih sehat dan kuat. Misalnya membeli ikan di pasar lalu merebus atau mengukusnya lebih dahulu sebelum memberikannya pada si kucing. Kandungan protein pada ikan memperkuat daya tahan tubuh dan akan mendukung pertumbuhan tubuhnya. Bahkan supaya si kucing bisa lebih berenergi, tak ada salahnya Anda mendambahkan sedikit nasi pada makanan si kucing.

Selepas makanan, urusan minuman kucing kampung lebih gampang lagi. Kucing kampung cukup mendapatkan minuman berupa air putih yang matang. Sesekali tak ada salahnya member susu pada si kucing kampung untuk membantu pertumbuhan tubuhnya. Namun, Anda sebaiknya tidak memberinya susu sapi karena protein yang terkandung di dalam susu sapi sulit dicerna di perut kucing kampung.

Baca juga : Cara merawat Kucing untuk pemula

Memerhatikan kesehatan kucing kampung

Kucing kampung cenderung lebih aktif bergerak kesana kemari. Pola hidup kucing kampung ini jauh berbeda dengan kucing ras seperfi kucing Persia dan Anggora. Maka, Kamu perlu memerhatikan apa dan bagaimana kucing kampung bergerak dan bermain supaya mampu menjaga kesehatannya dan bisa terhindar dari penyakit yang mungkin saja menyerang suatu waktu.

Memandikan kucing kampung sekali seminggu

Tidak hanya kucing ras saja yang mendapat perlakuan spesial dalam hal kebersihan, namun kucing kampung sekalipun tetap wajib dimandikan supaya kebersihan dan kesehatannya selalu terjaga. Dengan memandikannya, setidaknya sebanyak satu kali dalam seminggu, maka itu membutktikan bahwa kita tidak sembarangan memeliharanya begjtu saja dan juga memang kita menyangi kucing tersebut.

Selain itu, mandi secara teratur juga dapat membuat bulu-bulu kucing semakin lebat. Sebelum si kucing dimandikan, sebaiknya Anda menyisiri bulu-bulu kucing lebih dahulu secara perlahan-lahan supaya bulu-bulu mati dapat rontok dan membuat daerah tersebut segera diganti dengan pertumbuhan bulu yang baru.

Dalam memandikan kucing kampung, sebaiknya Anda meminta bantuan orang lain karena kucing kampung cenderung tidak suka terkena air. Cipratan air saja biasanya ditakuti oleh kucing kampung. Apalagi harus berlama-lama mandi atau bahkan berendam di dalam air. Maka dari itu, sebaiknya ada orang lain yang membantu utnuk memegangi kucing kampung selagi Anda membersihkannya menggunakan shampo. Gosok secara perlahan-lahan setiap permukaan tubuh kucing dan jika ada kotoran menempel, bersihkanlah lalu bilas atau rendam kucing dengan air yang mengalir. Selepas itu, segera angkat dan hangatkan si kucing menggunakan handuk. Jika perlu dan memungkinkan, gunakan hair dryer untuk membuat bulu kucing lebih cepat kering.

Potong ujung-ujung kuku dan bersihkan telinga kucing

Kucing kampung senang sekali mengaruk-garu atau mencakari benda apapun di rumah. Terutama sofa, kasur, keset kaki, karpet, dan benda lainnya. Oleh karena itu, Anda wajib memotong ujung-ujung kuku kucing secara rutin. Paling tidak melakukannya ketika terlihat sudah panjang atau setidaknya dua sampai empat minggu sekali.

Kemudian, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan telinga kucing. Kucing kerap kali memiliki telinga yang kotor. Dengan rutin membersihkan telinga kucing, hal itu juga membantu menjaga kesehatan sekaligus kebersihan si kucing selain dengan mandi.

Baiklah sekian dulu artikel kali ini mengenai bagaimana cara merawat kucing kampung supaya sehat dan gemuk. Semoga bermanfaat.