Mengenal Jenis-Jenis Kucing Paling Populer Yang Banyak Dipelihara

Jenis-Jenis Kucing Paling Populer – Para pecinta kucing di Indonesia pasti sangat mengenal jenis-jenis kucing yang banyak dipelihara dan populer di masyarakat. Namun bagi orang yang masih awam atau pemula, tentu bingung jika ingin memilih jenis kucing untuk menjadi hewan peliharaan di rumah. Tentunya saat akan memutuskan untuk memelihara kucing, kita perlu mengetahui jenis yang akan dipilih, bagaimana ciri dan karakternya serta sesuai atau tidak dengan budget yang dimiliki. Pemilihan kucing yang tepat akan membuat pemilik dan kucingnya menjadi lebih dekat, dan tentu saja kucing pun bisa terawat dengan baik.

Kucing memang salah satu hewan yang sangat diminati untuk dijadikan hewan kesayangan untuk menemani keseharian di rumah. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat siapapun yang melihat akan terpesona dan terhibur. Nah, kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis kucing paling populer khususnya di Indonesia dan bisa dipelihara baik para pecinta kucing yang sudah profesional maupun yang masih pemula. Bahkan kucing-kucing ini dapat menjadi teman bermain anak dan tidak berbahaya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga.

7 Jenis Kucing Paling Banyak Dipelihara

1. Kucing Persia

kucing persia

Hampir semua orang pasti tahu Kucing Persia meski bukan pecinta kucing sekalipun. Kepopuleran kucing ras satu ini memang telah mendunia dan sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Sesuai namanya, Kucing Persia ditemukan pertama kali di Persia (sekarang Iran) pada tahun 1600 SM dan menjadi ras kucing tertua di dunia. Kucing Persia memiliki tubuh yang besar dengan bulu yang panjang dan sangat lebat menutupi seluruh tubuhnya. Wajahnya bulat dan besar, dengan hidung yang pesek dan lebar, mata bulat, rahang yang kuat dan telinga yang membulat membuat penampilan wajahnya  begitu menggemaskan.

Kucing Persia sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, mudah bergaul dengan kucing atau hewan lain di dalam rumah, sangat manja dan cocok untuk menjadi teman bermain anak. Kucing Persia umumnya lebih suka berada di dalam rumah dan suasana yang tenang sesuai dengan karakter kucing ini yang juga begitu tenang. Di pasaran, Kucing Persia harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga di atas 2 jutaan tergantung usianya.

[ Baca juga : Harga Kucing Persia Sesuai Jenis Dan Umur ]

2. Kucing Anggora

kucing angora

Kucing yang juga sangat terkenal di dunia dan termasuk ras tertua yaitu Kucing Anggora. Kucing ini berasal dari Angora atau Ankara di Turki, karena itu tidak heran bila hewan lucu ini juga disebut sebagai Ankara sejak tahun 1930. Saat ini Kucing Anggora juga sering disebut sebagai Turkish Angora atau Kucing Kedisi Ankara. Kucing Anggora memiliki bulu yang sangat indah, tetapi awalnya kucing ini hanya memiliki satu warna saja yaitu putih. Namun sekarang ini kita bisa melihat Kucing Anggora dapat memiliki warna putih, hitam, kuning, blangtelon atau kombinasi 3 warna, coklat dan lain-lain.

Kucing Anggora umumnya memiliki warna mata biru atau kuning. Penampilannya dianggap cukup elegan karena memiliki tubuh yang besar, ramping dan panjang. Kaki dan ekornya juga cukup panjang, serta seluruh tubuh ditutupi dengan bulu yang lebat dan mengembang. Berbanding terbalik dengan ras Persia, Kucing Anggora memiliki hidung yang mancung, mata lebar, telinga lebih lancip dan lebar sehingga serasi dengan bentuk kepalanya yang membentuk segitiga.

[ Baca juga : Ciri-ciri Kucing Angora Asli Bukan Peranakan Campuran ]

Kucing Anggora sangat suka bermain-main dan cukup manja. Sama seperti Kucing Persia, kucing ini juga lebih suka berada di dalam rumah. Kucing Anggora tidak begitu agresif namun sangat suka mengejar sesuatu. Kucing Anggora juga mudah beradaptasi baik dengan lingkungan maupun pemilik baru, dan dikenal cerdas  karena sifat ingin tahunya. Soal harga, Kucing Anggora biasanya dijual dengan kisaran ratusan ribu hingga 1,5 juta untuk kucing dewasa yang berkualitas. Untuk anakan jauh lebih mahal, bahkan bisa mencapai 10 juta untuk yang sangat berkualitas.

3. Kucing Exotic

kucing exotic

Kucing Exotic merupakan jenis kucing yang lahir dari hasil kawin silang antara Kucing Persia dan kucing American Shorthair pada tahun 1950-an. Karena itu hampir semua sifat pada Kucing Persia ada pada jenis kucing ini, hanya saja bulunya lebih pendek. Jadi baik bentuk tubuh, penampilan wajah dan ciri fisiknya bisa dibilang sangat mirip dengan Kucing Persia. Kucing Exotic sangat kalem dan tenang, serta mudah bergaul dengan hewan lain di rumah. Kucing Exotic yang lucu ini juga dikenal sebagai kucing yang paling setia dengan pemiliknya.

Meski tenang dan kalem, Kucing Exotic ternyata sangat lincah dan cukup handal dalam memburu tikus loh. Sifat ini diwarisi dari sifat kucing American Shorthair sehingga lebih lincah dibanding Kucing Persia. Namun kucing ini juga mewarisi darah Kucing Persia sehingga rentan memiliki masalah air mata yang terkadang mengotori wajahnya dan menutup hidungnya. Selain itu Kucing Exotic juga rentan mengalami masalah pada ginjalnya. Harga Kucing Exotic biasanya berkisar mulai 1,5 juta ke atas, dan sangat mudah ditemukan di petshop terdekat.

4. Kucing Maine Coon

kucing maine coon

Kucing Maine Coon juga merupakan kucing hasil persilangan antara Kucing Anggora dengan Kucing Hutan Norwegia. Kucing ini diberi nama Maine Coon dengan merujuk dari kata Maine sebagai daerah asalnya di Amerika Serikat, sedangkan Coon berasal dari kata Racoon atau musang karena bentuk ekornya yang sangat mirip. Pada mulanya Kucing Maine Coon memiliki kelainan genetik yang dominan, yaitu polidactyl atau jari yang berlebih, namun sekarang kondisi tersebut sudah jarang ditemui.

Bulu kucing ini juga cukup lebat, terutama pada bagian leher, perut dan kaki yang berfungsi untuk menghangatkan tubuhnya di musim dingin. Bulu-bulunya sangat tebal, mengkilap dan lebih tahan air. Mata dan telinganya cukup besar, dan tubuh dipenuhi otot dengan tulang yang besar. Kucing Maine Coon termasuk jenis kucing yang besar hingga mencapai 1 meter lebih dan berat hingga 9 kg untuk kucing jantan dewasa. Kucing Maine Coon sangat aktif dan dekat dengan pemiliknya. Biasanya kita sudah bisa mendapatkan kucing ini dengan harga 1,5 jutaan ke atas, namun umumnya kucing ini biasanya baru dijual saat umurnya sudah di atas 3 bulan.

5. Kucing Himalayan

kucing himalayan

Kucing Himalayan sekilas sangat mirip dengan Kucing Persia, dengan tubuh yang besar dan bulunya yang lebat dan panjang. Kucing Himalayan merupakan hasil dari persilangan dari Kucing Persia dan Kucing Siam, tidak heran bila sifat dari kedua kucing tersebut ada pada hewan satu ini. Kucing ini sudah dikenal sejak ratusan tahun silam, namun baru dikenalkan di Eropa pada tahun 1950-an. Kucing Himalayan memiliki tubuh yang bulat, kakinya lebih pendek dan bentuk wajah yang tradisional atau sangat pesek.

Kucing Himalayan sangat aktif meski jarang ada yang dapat melompat tinggi. Bahkan kucing ini dapat bermain hingga berjam-jam dengan benda yang menarik perhatiannya. Kucing Himalayan sangat suka jika kepala atau tubuhnya dielus-elus, karena memang sifatnya sangat manja dan cenderung membutuhkan perlindungan. Karena bulunya panjang dan lebat maka Kucing Himalayan harus sering disisir dan dimandikan. Soal harga, kucing ini biasanya dibandrol dengan kisaran harga 1 juta hingga 5 juta rupiah.

6. Kucing Bengal

kucing bengal

Kucing Bengal merupakan hasil persilangan dari Kucing American Shorthair dan Asian Leopard Cat (ALC) atau sering juga disebut Blacan. Kucing ini merupakan keturunan ketiga dari hasil persilangan tersebut, kualitasnya sudah benar-benar terjamin sehingga harganya pun terbilang cukup mahal. Dilihat dari morfologi tubuhnya, Kucing Bengal memiliki tubuh yang besar dengan oto-otot yang cukup kuat. Kucing dari ras ini lebih kuat dan keunikannya sangat suka air. Berbanding terbalik dengan jenis kucing lainnya, Kucing Bengal lebih senang jika terkena air dan bisa bermain jika ada air di dekatnya.

Kucing Bengal termasuk jenis kucing yang aktif dan cerdas, dengan bulunya yang lebat namun pendek. Meski tubuhnya besar, Kucing Bengal tidak liar sama sekali dan sangat mudah untuk berinteraksi. Untuk dapat memelihar kucing ini setidaknya Kamu perlu merogoh kocek senilai 6 juta rupiah. Bahkan di tahun 1998, Kucing Bengal bernama Cato dinobatkan sebagai kucing termahal di dunia dengan harga $41.435. Wow, cukup fantastis bukan?

7. Kucing Kampungan

kucing kampung

Meski terbilang kucing kampungan, Kucing Kampung cukup digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan hewan peliharaan. Bisa di bilang, kucing ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, baik sebagai hewan peliharaan maupun hewan liar. Tetapi, walaupun liar Kucing Kampung sangat mudah berintraksi dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Kucing Kampung memiliki tubuh yang bervariasi mulai dari sedang hingga besar dan terlihat ramping. Kucing ini memiliki bulu yang pendek sehingga untuk merawatnya tidak terlalu sulit. Kucing Kampung biasanya dapat memiliki beragam warna mulai dari hitam, putih, coklat, kuning, belang tiga, belang dua dan sebagainya. Kucing ini sebenarnya juga bisa menjadi jinak jika dipelihara dengan baik oleh manusia. Bisa dibilang kucing ini lebih tahan banting, tidak pilih-pilih soal makanan dan sangat lincah. Kucing Kampung tidak mudah sakit, tidak membutuhkan perawatan yang mahal dan intensif serta dapat mencari makan sendiri.

Kucing Kampung sangat handal dalam menangkap tikus, geraknya cepat, pandangan matanya tajam begitu juga dengan pendengarannya. Jika diberikan benda yang menarik perhatiannya seperti bola atau gumpalan kain, maka kucing ini bisa bermain hingga cukup lama. Kucing Kampung memang sangat mudah ditemukan, itulah kenapa harga kucing ini sangat murah, bahkan bisa dibilang gratis. Untuk kucing yang telah dirawat dengan maksimal dan punya penampilan yang menggemaskan, biasanya dijual dengan kisaran harga 100ribu hingga 250ribu rupiah. Nah, cukup terjangkau bukan? Soal penampilan, Kucing Kampung tidak kalah menggemaskan dibanding jenis kucing yang mahal.

Itulah jenis kucing paling populer yang bisa Kamu pelihara untuk menjadi teman bermain di rumah. Kucing memang sangat layak untuk dijadikan hewan peliharaan karena penampilan dan sifatnya yang lucu dan menggemaskan sehingga dapat menghibur di saat sedang penat atau lelah. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya baik pada bulu maupun kandangnya, jangan sampai kucing kotor dan menjadi sarang berbagai penyakit. Perhatikan pula makanannya dan penuhi asupan nutrisinya agar kucing menjadi sehat dan lincah. Pemberian vaksin juga jangan dilewatkan agar kucing tidak mudah terserang penyakit.