Mengenal Kucing Scottish Fold

Mengenal Kucing Scottish Fold –┬áKucing scottish fold adalah jenis kucing dengan ukuran sedang dan wajah yang sangat bulat. Nama kucing ini diambil dari ciri ciri fisik dan juga negara asalnya. Fold yang berarti terlipat diambil dari bagian telinga jenis kucing ini yang terlipat ke arah depan dan kebawah. Sedangkan scottish atau Skotlandia adalah sebuah negara di Britania Jaya sehingga jika diartikan secara menyeluruh, scottish fold adalah kucing bertelinga terlipat yang berasal dari Skotlandia. Semua pencinta kucing sangat ingin memelihara jenis kucing ini karena bentuknya yang sangat lucu dan menggemaskan yang terlihat seperti burung hantu atau boneka beruang.

mengenal kucing scottish fold

Asal Usul Kucing Scottish Fold

Pada tahun 1961, kucing scottish fold pertama kali ditemukan di area pertanian Pertshire, Skotlandia oleh seorang petani yang kemudian diberi nama Susie yang pada saat itu sedang hamil dan melahirkan beberapa anak kucing dengan bentuk telinga sama seperti Susie yakni terlipat.

Salah satu anak kucing Susie kemudian diadopsi oleh William Ross yang merupakan tetangga petani tersebut. Pada awalnya, scottish fold memiliki nama flops yang merupakan singkatan dari floppy ears dan barulah berubah pada tahun 1966 dengan nama scottish fold.

Tahun 1966 di Inggris, Ross kemudian mendaftarkan jenis kucing ini ke Governing Council of the Cat Fancy yang kemudian mulai mengembangbiakkan jenis kucing tersebut bersama seorang ahli genetik bernama Pat Turner yang kemudian melahirkan 76 ekor anak kucing yakni 42 ekor anak bertelinga terlipat dan 34 ekor dengan telinga meruncing sehingga disimpulkan jika telinga terlipat lebih dominan.

Ciri Ciri Kucing Scottish Fold

Jika anda tertarik dengan jenis kucing ini dan ingin membelinya, ada beberapa ciri dan karakteristik yang harus diperhatikan supaya terhindar dari pedagang nakal yang menjual kucing scottish fold palsu.

1. Postur Tubuh

Kucing scottish fold memiliki ukuran tubuh medium dengan perawakan yang terbilang besar namun tetap masih dibilang berukuran medium. Untuk berat jantan rata rata umumnya adalah lebih dari 5 kg dan untuk betina memiliki berat antara 3 hingga 3 kg.

2. Kepala

Mengenali ciri ciri scottish fold cukup mudah khususnya di bagian kepala. Secara keseluruhan, kepala scottish fold berbentuk bulat dengan telinga yang terlipat sehingga semakin membuat kucing ini terlihat membulat ditambah bagian mata yang juga bulat dengan warna cerah serta bersih.

3. Kaki

Kaki scottish fold juga berbentuk bulat dengan panjang yang hampir sama dengan ekor. Bulu di bagian kaki kucing ini terlihat penuh namun juga tidak terlalu padat sehingga tidak terlalu membutuhkan perawatan pada bulu di bagian kaki.

4. Bulu dan Ekor

Kucing scottish fold memiliki bulu yang tidak terlalu padat namun tetap menutupi seluruh tubuhnya. Akan tetapi, beberapa jenis scottish fold juga memiliki bulu panjang. Karakteristik dari bulu kucing scottish fold diantaranya adalah lurus dengan warna bervariasi seperti putih, krem, biru, ungu, cameo, coklat dan juga hitam. Sedangkan untuk pola bulu bisa berwarna tabby, solid, tricolor, bicolor, smoke, spots dan juga shaded.

5. Umur

Umur kucing scottish fold ini berkisar antara 9 hingga 12 tahun. Umur dari kucing ini sangat tergantung pada perawatan dan juga nutrisi yang diberikan. Semakin baik perawatan yang diberikan, maka akan membuat umur kucing ini juga semakin panjang.

Jenis Kucing Scottish Fold

Ada 2 jenis kucing scottish fold yang bisa anda pelihara di rumah dimana kedua jenis ini dibedakan dari kondisi telinga.

  • Folded ear: Kucing ini memang memiliki telinga yang terlipat ke arah depan dan menghadap ke arah bawah. Umumnya saat sudah dewasa, maka kucing ini akan memiliki telinga yang terlipat dari hasil mutasi gen yang spontan.
  • Straight ear: Kucing scottish fold juga ada yang memiliki bentuk telinga normal seperti jenis kucing lainnya yakni tidak terlipat namun biasanya kurang diminati karena sudah kehilangan ciri fisik dari kucing scottish fold.

Sifat Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold memiliki sifat yang sangat aktif, ramah dengan manusia sekaligus tenang sehingga sangat mudah beradaptasi dengan manusia maupun hewan peliharaan yang lain.

Namun jika anda merupakan orang yang sibuk, sebaiknya jangan memelihara scottish fold sebab jenis kucing ini sangat butuh perhatian pemiliknya sebab bisa stress jika ia kesepian sehingga anda sebagai pemilik harus memiliki waktu untuk mengajak kucing ini bermain dan memanjakannya.

Kucing ini juga memiliki kebiasaan unik yakni senang tidur layaknya manusia yakni dengan posisi terlentang sehingga semakin membuat kucing ini terlihat menggemaskan dengan dengkuran yang lebih lembut dibandingkan jenis kucing lainnya.

[ Baca juga : Harga Kucing Maine Coon Dan Cara Merawatnya ]

Fakta Fakta Kucing Scottish Fold

Ada beberapa fakta unik mengenai kucing scottish fold yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui namun sangat penting untuk menambah informasi anda sebelum membeli kucing menggemaskan ini.

  • Anakan scottish fold yang telinganya tidak terlipat harus diganti namanya menjadi scottish straight sebab umumnya jenis kucing ini akan memiliki telinga yang terlipat sesudah berumur 3 hingga 4 minggu, sehingga jika belum terlipat pada umur tersebut harus diganti namanya menjadi scottish straight.
  • Kucing scottish fold memiliki kebiasaan tidur unik yakni terlentang seperti manusia.

Harga Pasaran Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold yang merupakan jenis kucing ras ini tentunya juga memiliki harga yang cukup mahal yang juga dipengaruhi dengan beberapa hal seperti vaksinasi, sertifikat dan juga kondisi kucing, sehingga anda harus mempersiapkan dana untuk bisa membeli jenis kucing menggemaskan ini.

  • Umur 3 bulan: Rp.3.000.000 sampai Rp.6.000.000
  • Umur diatas 6 bulan: Rp.6.000.000 sampai Rp.9.000.000
  • Scottish fold kitten shorthair jantan ped CFA umur 3 bulan: Rp.16.500.000
  • Scottish fold betina shorthair ped CFA umur 3 bulan: Rp.16.500.000
  • Scottish fold mix exotic umur 5 bulan: Rp.2.500.000
  • Scottish fold ukraine umur 1 tahun: Rp.25.000.000

Baca juga : Harga Kucing Angora, Harga Kucing Persia