Mengenal Kucing Bengal

Mengenal Kucing Bengal – Kucing bengal memiliki motif yang khas dan ukurannya pun terbilang cukup besar. Pola tersebut disebut juga spotted wild cat. Alhasil, kucing yang satu ini terlihat sangar dan layaknya nama yang disandang, kucing ini nampak “bengal”. Tak perlu heran mengapa kucing Bengal memiliki ciri seperti itu karena memang ia merupakan turunan dari seekor leopard Asia. Seakan membuat kucing Bengal merupakan leopard berukuran mini. Namanya “Bengal” pun sebenarnya diambil dari nama ilmiah seekor kucing leopard Asia, yaitu Felis bengalensis.

Kucing Bengal mulai marak bermunculan di toko hewan maupun pasaran luas pada pertengahan tahun 1950 hingga 1960. Hal itu bisa terjadi karena jauh sebelumnya seorang dokter hewan yang ahli di bidang genetika–Jean Mill–menginginkan adanya kucing dengan pola spotted wild cat. Dokter yang berasal dari California ini pun sebenarnya secara tidak sengaja mengawinkan silang antara kucing American shorthair dengan kucing Asian Leopard oleh karena pada awalnya dr. Jean memiliki kucing leopard asia yang dimiliki seakan terlihat kesepian dengan sendirian. Akhirnya ia pun membiarkan kucing Tom Hitam untuk menemani kucing leopard asia, namun ternyata kedua kucing itu klop hingga akhirnya kawin dan menghasilkan anak-anak kucing yang memiliki pola seperti leopard.

mengenal kucing bengal

Selang waktu yang berdekatan, seorang dokter lain, yakni dr. Willard Centerwall, terinspirasi dengan apa yang terjadi pada kucing dr. Jean hingga akhirnya Willard pun melakukan uji coba dengan berusaha mengawinkan kucing leopard Asia dengan kucing domestik di Universitas Loyola. Kucing leopard pun dinilai memiliki  gen yang membuatnya resisten terhadap virus  leukemia feline, sehingga para peneliti semakin penasaran apakah gen tersebut bisa diturunkan pada hasil kawin silang dengan jenis kucing lainnya.

Organisasi internasional pertama yang mengakui kehadiran kucing Bengal adalah The International Cat Association, yang mana semenjak tahun 1983, percobaan kawin silang kedua kucing diakui sehingga tahun 1991 perkawinan silang tersebut telah legal untuk dilakukan.

Selepas itu beberapa organisasi lain juga mengakui kucing Bengal, di antaranya :

  1. American Cat Fanciers Association,
  2. The Canadian Cat Association, dan
  3. The United Feline Organization.

Bahkan, kucing Bengal sempat disebut-sebut sebagai  “Rolls Royce” ketika awal kehadirannya masih begitu booming karena di tahun 1990, seorang wanita Inggris berani membeli kucing Bengal dengan harga $50.000 USD.

Baca juga :

Karakteristik Kucing Bengal

Bentuk tubuh dan berat badan

Kucing Bengal memiliki badan yang tegap, gagah, besar, dan panjang. Postur seperti ini tentunya berasal dari perawakan induknya. Sejalan dengan badannya yang cukup besar dan panjang, tak heran berat badan kucing Bengal bisa mencapai 4-8 kg.

Kepala dan Wajah Kucing Bengal

Sedari kepala, kucing Bengal memiliki ciri khas tersendiri. Kepala  kucing Bengal terbilang besar dan bentuknya cenderung oval, dengan panjang lebih besar daripada lebar. Kemudian, kepalanya yang besar juga diikuti dengan postur lehernya yang besar dan tegap, sehingga tak heran kucing ini nampak begitu gagah.

Pada wajahnya, mata kucing Bengal pun bisa dibilang “belok” alias bentuknya bulat dan tajam. Hidungnya nampak besar dan lebar disertai pinggir luarnya yang berwarna hitam.

Tubuh Kucing Bengal

Tubuh gagah kucing Bengal diselimuti bulu-bulu dengan corakkan yang begitu unik dan cantik. Warna kucing bengal secara umum berwarna coklat yang eksotis layaknya warna kayu manis. Coraknya berupa spotted wild vat alias berbentuk totol-totol ternyata memiliki beberapa ragam warna coklat, di antaranya :

  • Brown tabby,
  • Seal mink tabby,
  • Black silver tabby, dan
  • Seal silver lynx point.

Dengan ragam warna tersebut, corakkan bulu kucing Bengal juga semakin beraneka jenis karena terkadang motifnya bisa tersebar luas begitu saja atau memiliki pola horizontal. Terkadang bisa juga motifnya berada di background atau area tubuh yang lebih terang diikuti adanya garis-garis horizontal. Pada ujung ekornya, biasanya dijumpai ada motif yang berbentuk cincin dengan warna gelap.

Sifat Kucing Bengal

Kucing Bengal bisa dibilang lincah dan juga pintar. Secara umum, kucing ini periang dan mudah akrab, baik dengan sesama kucing lain maupun dengan manusia. Apalagi kucing ini bisa begitu dekat dengan pemiliknya.

Kucing Bengal juga memiliki ketangkasan atau alert yang cukup tinggi. Hal ini membuatnya juga senang bermain, seperti lempar tangkap. Karena kucing Bengal terbilang aktif bergerak, maka selain mengajaknya bermain, si pemilik jiga perlu sesekali mengajak kucing Bengal berjalan-jalan le sekitar tempat tinggal agar kucing bisa mengenali lingkungannya. Meskipun begitu, pemilik jiga harus selalu memperhatikan tempat dimana kucing Bengal berada. Jangan sampai kucing Bengal berada di tempat yang tidak bersih hingga akhirnya kotoran menempel di bulu-bulunya.

Kucing ini juga mampu meloncat dan memanjat, meskipn tempatnya bisa dibilang cukup tinggi seperti dari atap rumah. Tak mengherankan mengapa bisa begitu karena kucing Bengal kan memang secara tidak langsung adalah turunan dari Leopard.

Namun sayangnya ketika Bengal bosan, ia juga cenderung aktif dengan cara melakukan hal buruk, misalnya :

  1. Mematikan dan menyalakan lampu,
  2. Menggores-gores CD,
  3. Mengambil ikan dari aquarium, dan sebagainya.

Kucing Bengal pun tidak takut air, berbeda dengan mayoritas kucing lainnya yang enggan terkena air, meskipun hanya percikan belaka. Jadi, jangan heran kucing Belang sangat semang ketika berendam untuk dimandikan. Bahkan, kucing Belang bisa saja masuk ke kolam ikan Anda untuk memancing ketika ia sedang bosan atau lapar.

Cara Perawatan Kucing Bengal

1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Pemberian makanan untuk kucing Bengal bisa serupa denhan makanan kucing pada umumnya. Tetapi, setiap makanan yang masuk harus selalu diperhatikan kandungan gizinya supaya daya tahan tubuh kucing Bengal bisa selalu baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

2. Rajin Membersihkan Bulu-bulu Kucing Bengal

Keunikan kucing Bengal terletak pada bulunya dengan motif yang begitu eksotis dan menawan. Maka, sangat penting bagi pemiliknya agar selalu mebersihkan bulu-bulu kucing Bengal.

Sebenarnya, cara membersihkan bulu-bulu kucing Bengal pun tidak sulit. Pemiliknya hanya cukup telaten menyikat kucing Bengal setidaknya 1-2 kali setiap minggunya. Selain itu tatkala kucing Bengal terlihat kotor, pemiliknya juga harus segera menyikatnya supaya kotoran tidak menempel berlama-lama di bulu-bulu kucing Bengal. Sikatlah selama 5 menit setiap kali membersihkan kucing Bengal.

Menyikat kucing harus dilakukan dengan lembut dan perlahan. Tujuannya selain supaya membuat kucing tetap nyaman, juga tidak merusak bulu-bulu kucing hingga akhirnya rontok. Penyikatan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sikat khusus kucing supaya bulu-bulu kucing jiga tidak rusak.

[ Baca juga : Cara merawat kucing bagi pemula ]

Selpeas mengetahui segala hal tentang kucing Bengal, Anda mungkin ingin tau berapa kisaran harga yang harus dibayar supaya dapat memiliki kucing yang satu ini. Dari dulu hingga saat ini, kucing Bengal asli bisa dibilang masi mahal harganya, yaitu harus merogoh kocek Anda hingga puluhan juta. Namun, kalau budget Anda terbatas, solusi bagi Anda bisa dengan memiliki kucing Belang dari keturunan campuran. Untuk kucing Bengal campuran berusia sekitar 3 bulan, Anda bisa beli dengan harga sekitar 200 hingga 500 ribu rupiah.