Mengenal Kucing Maine Coon dan Cara Merawatnya

Mengenal Kucing Maine Coon –┬áKucing maine coon adalah salah satu kucing ras tertua di dunia berasal dari Maine, Amerika Serikat yang menurut cerita dipercaya sebagai ras kucing angora dan norwegian forest. Kucing ini memiliki mata yang tajam serta moncong, mulut dan hidung yang sangat khas. Kucing ini juga sangat terampil dalam berburu sehingga menjadikan jenis kucing ini cukup populer di dunia. Untuk mengetahui dan mengenal kucing maine coon dan cara merawatnya secara lengkap, silahkan simak ulasan yang kami berikan berikut ini.

kucing maine coon

Asal Usul Kucing Maine Coon

Banyak orang yang menduga jika maine coon adalah hasil persilangan dari kucing dan rakun. Mitos ini berkembang karena bentuk dan warna ekor maine coon yang menyerupai rakun. Kata maine sendiri diambil daru nama negara bagian Amerika Serikat, sedangkan coon diambil dari kata racoon yang berarti rakun.

Maine coon juga dipercaya berasal dari enam ekor kucing yang dipelihara ratu Perancis yakni Maria Antinia dimana keenam kucing tersebut kemudian dibawa ke Wicasset, Maine saat Maria sedang melarikan diri dari Perancis pada saat revolusi Perancis terjadi.

Pada tahun 1861, maine coon ikut dalam kontes kucing untuk pertama kalinya yakni seekora kucing maine coon betina berwarna coklat tabby bernama Cosey yang kemudian memenangkan kontes kucing di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 1950, kucing ini dikembangbiakkan oleh enam peternak kucing yang kemudian pada tahun 1968 dibentuk organisasi kucing bernama Maine Coon Breeders and Fancies Association untuk mempertahankan ras maine coon. Sejak tahun 1980, sudah banyak organisasi pendaftaran kucing yang kemudian mengakusi jenis ras kucing ini.

Ciri Ciri dan Karakteristik Kucing Maine Coon

Ada beberapa ciri dan karakteristik dari kucing maine coon yang mudah dikenali seperti ulasan dari kami berikut ini.

1. Mudah Beradaptasi

Kucing yang berasal dari Amerikan ini sudah terbiasa dengan cuaca ekstrim sehingga membuat jenis kucing ini mudah dalam beradaptasi. Bulu jenis kucing ini mengkilap dan tebal serta anti air. Bagian bulu di area leher, perut dan juga kaki lebih tebal yang berguna untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Sedangkan bagian ekornya juga panjang dan berbulu tebal untuk menghangatkan tubuh saat sedang tidur.

2. Tubuh Besar dan Panjang

Kucing ini memiliki tubuh yang tinggi, berotot dan juga tulang yang besar. Untuk maine coon jantan bisa mencapai tinggi 1 meter dengan berat antara 6 hingga 9 kilogram. Sedangkan untuk betina lebih pendek dibandingkan jantan dengan berat antara 4 hingga 6 kilogram.

Selain itu, jenis kucing ini juga memiliki bulu tambahan untuk musim dingin sepanjang 7 cm sehingga membuat kucing maine coon terlihat semakin besar. Meski memiliki ukuran tubuh yang besar, namun kucing ini cukup lambat dalam pertumbuhan dan baru bisa mencapai ukuran tubuh dewasa pada umur 3 hingga 5 tahun.

3. Memiliki Bentuk Kepala Unik

Kucing maine coon juga memiliki bentuk kepala yang sangat unik yakni telinga yang besar dan lancip di bagian ujung serta diselimuti dengan bulu yang lebat. Kepala kucing maine coon ini juga memiliki ukuran sedang serta lebar, dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi menonjol.

Untuk bagian mata sedikit lebar dan berbentuk oval namun akan terlihat bulat saat matanya sedang terbuka lebar. Bagian hidung maine coon lebar dan agak melengkung di bagian ujung serta dagu yang tajam. Sedangkan bagian leher berukuran sedang serta agak melengkung namun kuat sama seperti bagian kaki yang memiliki otot dan tulang kuat.

4. Tempramen

Maine coon merupakan kucing yang senang dekat dengan manusia namun tidak sepenuhnya independen dan tidak selalu mencari perhatian pemiliknya. Maine coon terbilang kucing yang aktif dan bermain dengan pemiliknya.

5. Senang Bermain Air

Berbeda dengan jenis kucing lainnya, maine coon sangat senang bermain air sehingga akan lebih sering bermain di kamar mandi, toilet atau genangan air lainnya yang menjadi tanda dari kucing maine coon asli.

Makanan Kucing Maine Coon

Pakan kucing maine coon yang paling direkomendasikan adalah pakan kucing impor. Sedangkan untuk porsi makan anak kucing maine coon berumur sekitar 4 bulan, lebih banyak sekitar 60% dari porsi makan kucing dewasa yang bertujuan supaya anak kucing bisa tumbuh dengan baik dan tetap sehat. Sedangkan untuk jenis makanan apa saja yang bisa diberikan untuk maine coon dan makanan yang harus dihindari bisa disimak berikut ini.

Makanan Terbaik Untuk Maine Coon

  • Sarden
  • Atlantic cod
  • Ikan haring yang dimasak
  • Bungkul
  • Hati sapi
  • Daging sapi
  • Daging domba
  • Tuna kalengan
  • Ayam fillet yang sudah dimasak
  • Keju

Makanan Larangan Untuk Maine Coon

  • Coklat sebab merupakan racun untuk kucing
  • Kue kering
  • Daging babi
  • Ikan air tawar
  • Ayam mentah karena mengandung salmonella
  • Susu sapi yang bisa menyebabkan maine coon diare

[ Baca juga : Harga Makanan Kucing Sesuai Merek ]

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Untuk perawatan kucing maine coon ini sebenarnya tidak terlalu merepotkan namun harus dipastikan jika kondisi kandang dan tempat bermainnya selalu dalam keadaan yang bersih sebab kucing jenis ini tidak perlu mandi asalkan tetap bersih.

Selain itu, karena kucing ini berasal dari negara sub tropis, maka kandang tidak boleh terlalu panas dan lembab sehingga bisa ditambahkan dengan pendingin atau alat untuk mengatur kelembaban. Sedangkan jika ingin memandikan kucing maine coon ini, maka bisa menggunakan shampo kucing supaya bau tubuh asli kucing yang menjadi identitas asli kucing tetap terjaga dan tidak hilang.

[ Baca juga : Macam-macam penyakit Kucing dan penyebabnya ]

Jenis kucing ini juga rentan terhadap flu khususnya anakan dibawah 6 bulan. Untuk mencegah flu ini, anda bisa memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Sedangkan jika sudah terlanjur flu, maka bisa diberikan 2.5 ml antibiotik selama seminggu untuk anak kucing dan 3 hingga 3.5 ml untuk kucing maine coon dewasa.

[ Baca juga : Cara merawat Kucing untuk pemula ]

Harga Pasaran Kucing Maine Coon

Untuk harga kucing maine coon ini terbilang cukup mahal dan harus diimport sebab belum dikembangbiakkan di Indonesia. Kisaran harga dari kucing maine coon ini adalah sekitar $400 hingga $1000 yang juga terus membutuhkan biaya lanjutan seperti makanan khusus, perawatan dan pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Baca juga : Harga Kucing Angora, Harga Kucing Persia

Demikian ulasan kami mengenai mengenal kucing maince coon dan cara merawatnya. Kucing ras ini membutuhkan perawatan terbaik sebab merupakan kucing yang berkualitas dan berharga mahal sehingga perawatan yang diberikan juga harus yang terbaik. Semoga bisa bermanfaat.